service wika

Jangan Lakukan ini Sebelum Memanggil Service Wika

Water Heater Rusak? Segera Hubungi Service Wika!

Pernahkah water heater Anda tiba-tiba bermasalah? Anda ingin memperbaikinya, tetapi tidak mengerti apa yang harus dilakukan? Jangan gegabah, cukup ambil ponsel Anda dan hubungi service Wika secepatnya.

service wika

Service Wika Murah

Memperbaiki pemanas air yang rusak bukan hal sepele. Diperlukan keahlian khusus agar kerusakan dapat ditangani dengan tepat. Jika water heater jatuh di tangan yang salah, dikhawatirkan kerusakan akan semakin parah. Bahkan, bisa jadi tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Jangan Panik Bila Water Heater Rusak, Kenali Tandanya

Pada umumnya, kerusakan pada pemanas air secara tiba-tiba sering membuat penggunanya panik, terlebih bila itu adalah kali pertama. Agar kejadian serupa tidak terulang, ada baiknya Anda mengenali tanda kerusakan pemanas air di bawah ini.

  • Air tidak panas
  • Proses lama
  • Adanya sengatan listrik di dalam air
  • Air yang keluar sangat kecil
  • Air berbau menyengat
  • Air keluar dalam keadaan tidak digunakan
  • Alat berbunyi keras

Jika water heater Anda mengalami beberapa poin di atas maka dapat dipastikan bahwa alat tersebut rusak.

Ini Penyebab Kerusakan Water Heater

Tentu Anda bertanya, apa sebenarnya penyebab kerusakan pada pemanas air? Padahal pemakaian wajar. Mesin pun masih baru. Lantas, apa yang salah?

Ternyata, ada sejumlah hal yang menjadi pemicu rusaknya water heater, antara lain sebagai berikut.

  1. Air Kotor

Seharusnya, air yang masuk ke dalam penampung adalah air yang bersih. Namun, karena beberapa hal bisa jadi air yang masuk kotor. Jangan bayangkan air berwarna kecoklatan. Air kotor yang dimaksud adalah yang telah bercampur dengan zat lain, semisal kapur.

Air yang kotor menyebabkan kerusakan pada sejumlah komponen. Cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memasang penyaring guna memastikan air yang masuk ke dalam penampung terjaga kebersihannya.

  1. Penetralisir PH Kotor

Tahukah Anda bahwa anoda magnesium memiliki peran penting dalam menjaga PH di dalam air? Jika anoda magnesium tidak pernah diganti, jangan terkejut bila water heater Anda mengeluarkan air dengan bau menyengat dan bersifat asam.

  1. Tekanan Berlebih

Terjadinya tekanan berlebih pada bagian safety valve turut memicu terjadinya penyumbatan pada aliran air. Padahal fungsi safety valve sendiri adalah sebagai pengaman dan penjaga kestabilan suhu tabung.

  1. Pipa Bocor

Kebocoran pipa terjadi jika kerusakan pemanas air sudah masuk dalam tahap serius. Kondisi ini hanya dapat diatasi oleh teknisi service Wika.

Cara Memperbaiki Water Heater yang Rusak

Kendati menggunakan jasa service adalah cara terbaik dan bijak, tetapi ada beberapa cara yang dapat Anda coba jika pemanas air menunjukkan tanda-tanda kerusakan, yakni mengganti komponen lama dengan yang baru. Adapun komponen yang dapat Anda ganti antara lain.

  • Thermostat

Jika kerusakan terjadi pada bagian thermostat, Anda cukup mengganti komponen tersebut. Namun, sebelumnya Anda harus melakukan pengecekan terlebih dahulu dengan menggunakan alat bantu, Multitester.

  • Relay

Pada mesin pemanas air, relay terletak di dalam kabel power. Cara mengeceknya cukup mudah. Jika lampu yang berada di bagian tengah kabel menyala maka relay dalam kondisi baik. Sebaliknya, jika lampu mati, tandanya relay mengalami kerusakan.

  • Elemen

Salah satu penyebab rusaknya water heater adalah putusnya komponen penting yang berfungsi sebagai penghantar panas. Jika begini, pemanas air Anda tidak akan mampu mengubah air dingin menjadi panas. Lakukan penggantian elemen agar water heater kembali normal.

Itulah beberapa tanda kerusakan yang sering dialami pengguna water heater. Jika Anda mengalami salah satunya, pastikan untuk menghubungi kami, service Wika terbaik dan tepercaya. Oleh karena itu, jangan ragu untuk menghubungi kami di nomor 0812-8088-077. Kami menjamin kualitas dan harga bersahabat bagi Anda.

Search

+